Jumat, 03 Desember 2010

Troubleshooting Floppy Disk

Troubleshooting 1;
Disket tidak terbaca
Solusi :
Floppy disk drive yang terlalu lama tidak digunakan atau disket yang telah berjamur, dapat
menjadi alasan mengapa disket tidak terbaca. FDD yang telalu lama dibiarkan menganggur, menyebabkan debu-debu yang menutupi permukaan head, terakumulasi hingga menjadi tebal. Kasus seperti ini dapat diatasi dengan melakukan pembersihan head menggunakan disk cleaner yang biasa dijumpai di toko-toko komputer. Adapun disket yang terlalu lama disimpan dan tidak digunakan akan menimbulkan tumpukan debu yang tebal, atau bahkan jamur yang akan menempel pada head saat diske tersebut dimasukkan. Debu atau jamu ini kemudian akan menghalangi proses pembacaan disket oleh head sehingga disket akana menjadi tidak terbaca.
Troubleshooting 2;
Lampu LED floppy disk drive menyala terus
Solusi :
Kasus semacam ini sering kali terjadi terutama bila anda sedang   merakit CPU. Biasanya permasalahan ada pada  pemasangan kabel data yang terbalik. Apabila hal ini dibiarkan terus-menerus, IC contoller dimungkinkan dapat menjadi rusak. Untuk itu, segera periksa ulang dan betulkan pemasangan kabel data tersebut.
Kemungkinan lain, IC Spindle pada floopy disk drive anda mengalami kerusakan. Sehingga diperlukan penggantian dengan IC Spindle yang lain. Kasus kerusakan IC Sindle inin menyebabkan arus listrik terus mengalir menuju lampu indikator tampa adanya penghalang. Selain itu, kerusakan ini juga menyebabkan floopy disk drive tidak dapat membaca sama sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

blogger templates | Make Money Online