Jumat, 26 November 2010

Perawatan PC

Ketika bicara masalah cara perawatan pc atau personal computer, ada dua hal besar yang harus mendapat perhatian. Pertama yang menyangkut dengan perangkat keras atau hardware dan yang kedua adalah yang menyangkut perangkat lunak atau software. Di antara keduanya ini tak ada yang lebih penting atau dengan kata lain sama pentingnya.



Perawatan Hardware

Masalah debu yang menempel di CPU maupun monitor bisa mengganggu kinerja komputer teruama ketika debu tersebut menghalangi tompol atau soket yang berhubungan dengan arus listrik. Komputer bisa mendadak mogok atau kecepatannya berkurang jika ada masalah pada soket kabel.
Perhatikan masalah pendingan komputer. Beberapa komputer lama masih memiliki processor yang suhunya tinggi, namun pendinginannya kurang.
Perhatikan selalu cara memasang soket, jangan sampai ada yang longgar atau duduknya kurang mantap. Ini bisa mengurangi kinerja komputer.
Menjaga suhu ruangan tempat komputer berada. Suhu yang ideal untuk ruangan yang ada komputer adalah 19 derajat Celcius.
Komputer yang mati mendadak akibat arus listri yang naik-turun juga akan memperpendek usia komputer akibat mati tidak melalui tahap shutdown. Kalau memang listri di lingkungan Anda sering drop, menggunakan stabilizer mutlak diperlukan.
Perhatikan kapasitas daya power supply dan kondisi fisik power supply itu sendiri.
Perawatan Software

Sesuaikan antara sistem operasi dengan spesifikasi komputer Anda.
Bersihkan selalu file-file temporary yang akan memperlambat kerja komputer Anda.
Kehadiran virus bisa menyebabkan kerja komputer lambat bahkan rusak. Karena itu gunakan anti virus yang sesuai dan jangan pernah bosen untuk selalu mengupdate.
Agar kerja komputer lebih ringan, secara rutin lakukan defragment harddisk yang gunannya untuk menata kembali urutan-urutan file.
Selalu menggandakan file-file yang penting ke dalam CD atau media lain.
Buang saja program yang sekiranya jarang sekali Anda gunakan, daripada menjadi beban dan mengambil banyak space harddisk komputer Anda.
Membiarkan komputer Anda tidak digunakan dalam jangka yang lama, akan menyebabkan suhu di dalam ruangan CPU dan monitor menjadi lembab. Hal ini bisa memperpendek usia komputer Anda bahkan ada bagian-bagian tertentu yang terkena karat yang bisa mengganggu kinerja komputer Anda.
Getaran keras atau goncangan kuat, bisa memperpendek usia komputer Anda. Hati-hati jika membawa atau memindahkan ke tempat lain.
Jika memang Anda merasa tidak cukup pengetahuan dan pengalaman dalam hal merawat komputer terutama masalah software, lebih baik menggunakan jasa teknisi komputer yang handal daripada justru akan merusak sistem komputer Anda.
Gejala Komputer yang Meminta Perhatian

Akse program makin lambat
Sering meminta scaning C ketika komputer dihidupkan
Sering hang
Antivirus yang tidak berfungsi
Menjalankan aplikasi sering mendadak eror

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

blogger templates | Make Money Online