Jumat, 03 Desember 2010

Troubleshooting CD/DVD-R/RW

Troubleshooting 1;
CD ROM tidak terdeteksi oleh bios
Solusi :
Pertama, cek cd-rom tersebut pada komputer lain. Apabila dapat terdeteksi, berarti cd rom berada dalam kondisi bagus sehingga kemungkinan ada masalah pada kabel IDE atau kabel power.
Kedua, ganti kabel IDE dan power lama dengan yang baru (salah satu atau keduanya). Ini dimaksudkan untuk memastikan apakah terjadi masalah dengan kabel tersebut atau tidak.
Ketiga, perhatikan posisi jumper padda optical drive anda. Secara default, jumper pada driver cd rom atau sejenisnya berada pada posisi master. Apabila anda menggunakan lebih dari satu drive, maka anda harus mengatur jumper pada masing-masing drive, maka anda harus mengatur jumper pada masing-masing drive dalam posisi master-slave. Penggunaan posis master-slave akan membuat proses pendeteksian menjadi tidak sempurna sehingga hanya mengenali satu drive. Petunjuk pengaturan master-slave biasanya tertera pada punggung optical drive.
Jika masih belum berhasil, dapat disimpulkan bahwa sebenarnya cd rom beserta kabel-kabelnya dalam kondisi yang baik. Kemungkinan besar ada masalah ada port IDE di motherboard anda. Untuk permasalahan ini, lebih baik motherboard tersebut dibawa ke services centr mendapatkan penanganan-penanganan langsung dari ahlinya.
Troubleshooting 2;
Proses baca cd-rom tersendat-sendat
Solusi:
Proses pembacaan data pada cd-rom pada dasarnya dipengaruhi oleh kondisi optic dan media cd yang digunakan. Adanya goresan atau kotoran pada permukaan CD dapat mempengaruhi proses baca cd-rom sehingga sangat mungkin sekali kasus tersebut disebabkan oleh goresan atau kotoran pada media CD anda. Untuk mengatasinya, coba bersihkan permukaan disc anda dengan menggunakan alkohol (lebih dari 70 %) dan kapas untuk mengoleskannya.
Kemungkinan kedua disebabkan oleh adanya kotoran pada lensa optic. Kotoran ini bisa disebabkan oleh debu termasuk asap rokok yang berkeliaran di sekitas komputer sehingga akan menghalang proses pembacaan media disc tersebut oleh optic. Bersihkan bagian optic tersebut dengan menggunakan disc cleaner. Biasanya disc cleaner banyak dijual di toko-toko komputer atau elektronik.
Kemungkinan yang lain adalah masalah pada optic. Biasanya optic ini akan melemah seiring dengan usianya yang makin tua. Yang dapat dilakukan untuk memperbaiki permasalahan ini adalah dengan melakukan kalibrasi pada tripot optic yang terletak sekitar optic itu sendiri, yaitu dengan memutar trimpot ke arah kanan secara perlahan-lahan. Ini bertujuan untuk mempercepat putaran disc. Sedangkan putaran kearah kiri akan menjadikan putaran disc menjadi lambat.
Troubleshooting 3;
CD-ROM tidak dapat membaca keping cd
Solusi :
Kasus cd-rom yang tidak membaca keping cd, bisa saja  oleh keping cd yang kondisinya kurang baik, yaitu terdapat goresan pada permukaan cd. Coba gunakan cd lain pada cd-rom anda untuk mencaritau biang masalahnya. Apabila cd lain dapat terbaca, berarti kerusakan terletak pada media cd yang anda gunakan, jika tidak, berarti cd-rom andalah yang bermasalah. Bersihkan optic cd-rom dengan menggunakan disk cleaner. Selain itu, anda juga dapat melakukan pembersihan pada laser yang terganggu pada saat melakukan pembacaan, yaitu dengan semprotan udara bertekanan tinggi pada bagian dalam drive. Memang diperlukan kehati-hatian dalam melakukan cara tersebut, karena jika tidak akan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain.
Kemungkinan lainnya. Cd-rom anda tidak support fitur multi read. Agar dapat membaca cd-rw disk, suatu cd-rom harus multi read compatible. Hal ini dipengaruhi oleh pemantulan yang diberikan oleh cd-rw disk lebih rendah. Fasilitas ini belum terdapat pada beberapa cd-rom keluaran awal.
Troubleshooting 4;
DVD Rom tidak dapat membaca semua cd
solusi:
Kemungkinan besar kasus tersebut terjadi karena dvd yang anda gunakan tidak mendukung fitur multi read compliant. Dengan kata lain, dvd anda hanya mendukung fitur non-compliant sehingga hanya dapat membaca  media dvd saja. Biasanya kasus ini sering dijumpai pada drive dvd yang pertama kali muncul. Namun, saat ini fitur semacam ini sudah menjadi stand

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

blogger templates | Make Money Online